Pemkab Malang Galang Donasi Korban Gempa, Kepala BPBD Tekankan Hal Ini | Situbondo TIMES

Pemkab Malang Galang Donasi Korban Gempa, Kepala BPBD Tekankan Hal Ini

Apr 15, 2021 19:35
Open donasi untuk Korban gempa.  (Ist)
Open donasi untuk Korban gempa. (Ist)

MALANGTIMES – Situasi tanggap bencana akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 yang mengguncang wilayah Kabupaten Malang pada Sabtu (10/4/2021) lalu masih diberlakukan hingga hari ini.

Gempa yang berlangsung sekitar 37 detik itu membuat ribuan rumah warga rusak. Kategori kerusakan tersebut mulai dari rusak ringan, rusak parah, hingga rata dengan tanah.

Baca Juga : Soal Rumah Rusak Akibat Gempa, Wabup Lumajang: Masih Kita Verifikasi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Kominfo (Diskominfo) Kabupaten Malang membuka kesempatan kepada para donatur untuk menyalurkan bantuannya bagi warga korban gempa yang sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Malang.

Melalui akun Instagram resmi Diskominfo Kabupaten Malang (@kominfomalangkab), Pemkab Malang membuka donasi yang nantinya akan disalurkan kepada para korban. Donasi juga digunakan untuk membeli  berbagai kebutuhan pokok dan hidup para korban.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Bambang Istiawan menyampaikan, penggalangan dana tersebut akan dibuka hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Donasi masih tetap dibuka selama masa tanggap darurat. Kalau memang perlu diperpanjang, ya kita lakukan perpanjangan. Karena terkait donasi ini juga diperlukan percepatan yang berkaitan dengan penanganan bencana," ucapnya saat dihubungi MalangTIMES, Kamis (15/4).

Bambang juga menegaskan bahwa daerah wilayah timur Kabupaten Malang seperti Kecamatan Dampit, Ampelgading, dan Tirtoyudo masih menjadi prioritas penyaluran bantuan sosial. "Daerah prioritas memang yang terparah daerah timur,” ujarnya.

Baca Juga : Pemkab Malang Open Donasi untuk Korban Gempa Bumi, Yuk Ikut Bantu

Hasil dari donasi yang terkumpul nanti akan di-update secara berkala dan digunakan untuk memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok bagi para korban.

Para donatur yang ingin memberikan dukungan kepada para korban gempa dapat menyalurkan bantuannya melalui Bank Jatim  #060.10.99.88, rekening donasi atas nama  Tanggap Bencana Kabupaten Malang.

Pemkab Malang juga akan menayangkan secara update informasi terkait hasil donasi melalui laman MalangTIMES dan JatimTIMES.

Topik
Dampak gempa Malang Buka donasi bantuan Pemkab Malang Peduli korban gempa

Berita Lainnya