Pemkab Malang Open Donasi untuk Korban Gempa Bumi, Yuk Ikut Bantu | Situbondo TIMES

Pemkab Malang Open Donasi untuk Korban Gempa Bumi, Yuk Ikut Bantu

Apr 15, 2021 19:01
Banner open donasi Pemkab Malang. (foto: istimewa)
Banner open donasi Pemkab Malang. (foto: istimewa)

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang merespons kepedulian masyarakat Malang Raya dan sekitarnya hingga Indonesia yang ingin menyumbang kepada korban bencana gempa bumi. Salah satu caranya adalah membuka open donasi melalui rekening.

Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo yang terjadi Sabtu (10/4/2021) membuat sebagian wilayah Kabupaten Malang terdampak. Ribuan rumah warga, tempat ibadah, dan fasilitas umum mengalami kerusakan, mulai ringan, sedang hingga berat.

Baca Juga : Banyuwangi Tunggu Kiriman Vaksin dari Pemerintah Pusat

Paska-gempa bumi itu, Bupati Malang HM. Sanusi langsung bergerak menuju lokasi terparah ,yakni Desa Wirotaman, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, untuk melihat kondisi masyarakat hingga korban yang sampai meninggal dunia.

Tak hanya itu. Sanusi juga mengeluarkan uang dari dompetnya untuk membantu korban yang saat bencana gempa bumi tertimpa reruntuhan rumah hingga meninggal dunia.

Dari situ, beberapa instansi -baik negeri maupun swasta hingga pengusaha- mulai berdatangan untuk memberikan sumbangan. Bukan hanya sumbangan uang. Beberapa juga menyumbang sembako hingga material bangunan.

Kepedulian kepada korban ataupun masyarakat yang terdampak gempa bumi itupun terus berdatangan hingga hari kelima saat ini.

Dan merespons tingginya kepedulian masyarakat, Pemkab Malang melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Wahyu Hidayat mengatakan bahwa pihaknya telah membuka rekening di Bank Jatim atas nama Tanggap Bencana Kabupaten Malang. Rekening itu  bisa digunakan sebagai fasilitas penghubung antara donatur untuk masyarakat terdampak gempa bumi.

“Karena banyak permintaan. Mungkin yang dari jauh dan ikut prihatin tapi tidak bisa menyumbang material. Mereka lalu ingin menyumbangkan sebagian dananya. Karena berkelipatan, akhirnya kami bingung. Sesuai ketentuan itu harus ada SOP-nya. Kami buat rekening supaya nanti bisa dipertanggungjawabkan,” ungkap Wahyu  kepada MalangTIMES, Kamis (15/4/2021).

Alasan lain Pemkab Malang membuka rekening untuk open donasi agar donatur yang peduli terhadap masyarakat terdampak gempa bumi dimudahkan. Pasalnya, saat ini pemerintah pusat telah mengeluarkan aturan untuk tidak berpergian keluar kota hingga perayaan Lebaran nanti.

“Kami hari ini (Kamis 15 April 2020) mulai open donasi. Jadi, dananya masuk ke bank lalu bisa dipertanggungjawabkan nantinya ke inspektorat, seperti pencairan dan lainnya,” ujar Wahyu.

Lalu bagaimana nanti dananya jika sudah terkumpul? Wahyu menjelaskan bahwa dana dari para donatur akan ditindaklanjuti oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang sebagai leading sector penanganan bencana gempa.

Baca Juga : Amalan Hidupkan Hati yang Sekarat Terkuak di Syiar Ramadan UIN Maliki Malang

“Nanti setelah terkumpul, itu menjadi ranah BPBD. Mana yang prioritas atau sifatnya segera, tinggal dilaksanakan,” kata dia.

Wahyu menambahkan,  status tanggap darurat paska-bencana gempa bumi di Kabupaten Malang masih tetap dua minggu. Waktu tersebut juga berlaku untuk open donasi. Namun jika dalam jangka waktu itu masih dibutuhkan penanganan lebih lanjut, Pemkab Malang akan memperpanjang status tanggap darurat, termasuk open donasi.

“Kami berharap bantuan dari donatur untuk warga masyarakat Kabupaten Malang maupun Indonesia bisa menyumbangkan. Jadi, tidak perlu datang ke Malang nantinya. Dana ini akan kami pertanggungjawabkan di media juga. Salah satunya melalui MalangTIMES,” tukasnya..

Sebagai informasi, dari data sementara BPBD Kabupaten Malang Kamis (15/4/2021), tercatat ada 29 kecamatan yang terdampak gempa bumi. Ada 4 orang meninggal dunia dan 110 mengalami luka.

Selain itu, ada 5.010 unit total kerusakan rumah. Rinciannya, 2.330 unit rumah rusak ringan, 1.478 unit rumah rusak sedang, dan 1.202 unit rumah rusak berat.

Di sisi lain, fasilitas umum juga mengalami kerusakan. Antara lain 192 unit sekolah rusak, 15 unit fasker rusak, 95 unit rumah ibadah rusak dan 23 unit fasilitas umum lain juga terdampak kerusakan.

.asyarakat yang ingin menyumbangkan sebagian dananya untuk masyarakat Kabupaten Malang yang terdampak gempa bumi bisa langsung mengirim ke rekening Bank Jatim dengan nomor #060.10.99.888 An Tanggap Bencana Kabupaten Malang.

Topik
Dampak gempa Malang Buka donasi bantuan Pemkab Malang Peduli korban gempa

Berita Lainnya