Korlantas Mabes Polri Launching SINAR, Permudah Masyarakat Perpanjangan SIM | Situbondo TIMES

Korlantas Mabes Polri Launching SINAR, Permudah Masyarakat Perpanjangan SIM

Apr 13, 2021 18:55
Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution saat menunjukkan contoh hasil perpanjangan SIM melalui aplikasi SINAR, Selasa (13/4/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution saat menunjukkan contoh hasil perpanjangan SIM melalui aplikasi SINAR, Selasa (13/4/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Dalam memberikan pelayanan terbaik dan mempermudah masyarakat yang akan melakukan perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi), Korlantas Mabes Polri telah meluncurkan sebuah aplikasi bertajuk SINAR atau SIM Nasional Presisi

Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution mengatakan, Selasa (13/4/2021) Korlantas Mabes Polri telah melaksanakan launching aplikasi terbaru yakni SINAR di Mabes Polri, Jakarta yang dihadiri oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Ketua DPR RI, Ketua MPR RI, serta pejabat tinggi lainnya. 

Baca Juga : Kapolri Luncurkan SINAR, Santri di Jombang Pengguna Perdana Aplikasi SIM Online

 

"Jadi nanti ada aplikasi untuk perpanjangan SIM di mana saja ataupun kapan saja yang dilaksanakan download melalui aplikasi yang ada di playstore. Jadi nanti masyarakat tinggal mengikuti proses yang ada," ungkapnya kepada MalangTIMES.com. 

Perwira yang akrab disapa Rama ini menuturkan, nantinya dengan menggunakan aplikasi SINAR, masyarakat tinggal mengikuti tata cara yang sudah tersedia dalam aplikasi tersebut yang membuat masyarakat tidak perlu lagi datang ke Satpas untuk melakukan perpanjangan SIM. 

"Nantinya Satpas Polresta Malang Kota tentunya akan menyesuaikan. Insya Allah minggu ini sudah bisa dilaksanakan. Karena perlu maintenance yang perlu dilaksanakan dari aplikasi yang disambungkan dengan Satpas kami," ujarnya. 

Perwira dengan satu melati di pundaknya ini menerangkan bahwa diluncurkannya aplikasi SINAR ini untuk memudahkan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dalam melakukan perpanjangan SIM A dan SIM C. 

"Tentunya dalam mendukung memutus mata rantai Covid-19, masyarakat tidak perlu hadir dan datang ataupun antri ke Satpas di wilayahnya masing-masing. Melalui aplikasi yang ada, masyarakat mengikuti prosedur yang ada di aplikasi tersebut," terangnya. 

Lalu masyarakat pun diberikan pilihan untuk menggunakan jasa pengiriman yang dapat menjadi pilihan masyarakat. Dikatakan Rama bahwa masyarakat dapat menggunakan jasa pengiriman PT Pos Indonesia maupun ojek online. 

"Ada tiga pilihan. Bisa langsung ambil sendiri saat sudah dicetak. Bisa melalui Pos Indonesia dikirim nanti masyarakat menerima surat. Di dalamnya sudah ada SIM dikirim oleh PT Pos. Ketiga, bisa mewakilkan kepada yang mungkin sudah diberikan kode verifikasi," jelasnya. 

Untuk metode pembayarannya, dikatakan oleh Rama bahwa dari pihak Korlantas Mabes Polri sudah bekerjasama dengan BNI 46 yang nantinya dilakukan pembayaran seperti biasanya. 

Baca Juga : Data Terkini, 1.270 Rumah di Lumajang Rusak Akibat Gempa

 

Dalam aplikasi SINAR tersebut, dijelaskan oleh Rama, tidak jauh beda dengan masyarakat jika hadir secara langsung ke Satpas Polresta Malang Kota. Hanya saja keuntungannya masyarakat tidak dituntut harus hadir secara langsung, namun dapat menggunakan aplikasi SINAR supaya lebih fleksibel. 

"Jadi tetap melaksanakan pendaftaran, lanjut dengan tes kesehatan, tes psikologi, pembayaran dan SIM sudah dapat diterima. Karena dari SIM perpanjangan tersebut database dari masyarakat yang sudah memiliki SIM, tentunya sudah ada di server kita," bebernya. 

Rencana penerapannya sendiri, dikatakan Rama, dalam pekan ini aplikasi SINAR sudah dapat digunakan oleh masyarakat luas Kota Malang yang akan melakukan perpanjangan SIM A atau SIM C. 

"Untuk SINAR ini langsung dilaksanakan minggu ini dalam waktu dekat, satu dua hari ke depan sudah bisa dilaksanakan. Karena hanya tinggal menunggu, ini sudah online di Jakarta, di tempat kita tinggal dilaksanakan," tuturnya. 

Sementara itu, untuk pembuatan SIM baru disampaikan Rama bahwa pihaknya masih menunggu arahan dari Korlantas Mabes Polri. Karena aplikasi SINAR yang baru saja di launching dibuat oleh Korlantas Mabes Polri. 

"Jadi aplikasinya langsung Korlantas Mabes Polri. Seperti SIM Sinar ini. Langsung kita terima dari Korlantas kita hanya menunggu maintenance di sini. Pemasangan di sini kita langsung melaksanakan," pungkasnya.

Topik
aplikasi sinar sim nasional presisi perpanjangan SIM cara perpanjangan sim via aplikasi Korlantas Mabes Polri Polresta Malang Kota

Berita Lainnya