3 Varian Baru Covid-19 Landa Dunia, Menkes Pastikan Belum Masuk Indonesia | Situbondo TIMES

3 Varian Baru Covid-19 Landa Dunia, Menkes Pastikan Belum Masuk Indonesia

Feb 22, 2021 13:37
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: Istimewa)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: Istimewa)

INDONESIATIMES – Pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia masih menghantui berbagai negara, tanpa kecuali Indonesia. Terlebih, belum lama ini kembali diumumkan jika ada berbagai varian baru covid-19 yang sangat beragam.

Dilansir dari Indozone.id, disebutkan jika setidaknya ada 3 jenis virus covid-19 varian baru yang sudah melanda dunia, yakni varian London, Afsel, dan Brazil. 

Baca Juga : Pendaftaran Jalur SNMPTN Tinggal 3 Hari, Khofifah Optimis Angka Kelolosan Siswa Jatim Tinggi

Menanggapi itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam siaran pers virtual, Sabtu (20/02/2021) mengatakan bahwa ketiga jenis varian baru covid-19 tersebut belum ditemukan di Indonesia.

“Belum kita temukan, ketiga jenis virus varian baru tersebut yang kita deteksi di Lab PCR,” ucapnya.

Melalui identifikasi yang dilakukan oleh pemerintahan Indonesia dengan berkerja sama dengan lembaga dunia yang bergerak dibidang pengawasan virus seluruh dunia, dapat dipastikan bahwa ketiga virus varian baru tersebut berbahaya.

“London, Afrika Selatan, dan Brazil, dapat dikatakan mutasi yang berasal dari ketiga daerah tersebut cukup berisiko,” ujarnya.

Kemenkes berupaya bekerja sama dengan Kementrian Riset dan Teknologi /BRIN membangun jaringan dengan 12 laboratorium.

Baca Juga : Kisah Syadad bin 'Ad, Bangun Surga di Dunia Selama 300 Tahun untuk Saingi Surga Allah SWT

“Kita sudah membangun 12 laboratorium yang nantinya laboratorium tersebut dapat mendeteksi mutasi virus corona jenis baru, melalui metode whole genome sequencing dan partial genome sequencing,” katanya.

Dengan penemuan virus covid-19 varian baru, pemerintah Indonesia juga sudah mengambil langkah pencegahan dengan melarang WNA masuk dari ketiga negara tersebut.

“Kami akan membatasi atau dengan lebih aktif mengecek pergerakan yang berasal dari ketiga daerah mutasi tersebut,” ungkap Budi.

Topik
Covid 19 Menteri Kesehatan Budi Gunadi

Berita Lainnya