Jauh sebelum Pandemi, Pak Harto Ternyata Pernah Gelar Sekolah Daring | Situbondo TIMES

Jauh sebelum Pandemi, Pak Harto Ternyata Pernah Gelar Sekolah Daring

Jan 29, 2021 12:21
Soeharto saat wawancara dengan siswa SMP melalui daring. (Foto: YouTube Britain Jambi)
Soeharto saat wawancara dengan siswa SMP melalui daring. (Foto: YouTube Britain Jambi)

INDONESIATIMES -  Sekolah daring seperti di masa pandemi covid-19 saat ini ternyata sudah dilakukan sejak era Orde Baru di masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Seperti yang beredar di media sosial baru-baru ini, tampak Soeharto yang melakukan daring dengan siswa-siswa SMP.  

Salah satu akun Twitter yang mengunggah video itu ialah @wowadit. Dalam video berdurasi 1 menit 24 detik itu, tampak Soeharto yang melakukan uji siaran pendidikan jarak jauh dengan melibatkan siswa SMP.  “Pioneer webinar,” cuit akun @wowadit.

Baca Juga : Berkebutuhan Khusus, Mahasiswa Ini Sabet 3 Juara Bulu Tangkis Internasional

 

 

Presiden kedua ini terlihat duduk dan didampingi oleh sang istri, Siti Hartinah atau yang akrab disapa Ibu Tien. Selain itu, Soeharto didamnpingi sejumpah petinggi pemerintah lainnya.  

“Apakah penangkapan pelajaran dari gambarnya saja atau dari suaranya daripada penjelasannya?” tanya Soeharto. Terlihat para siswa yang menyimak Soeharto dengan didampingi oleh seorang guru di dalam kelas.  

“Karena kami dapat melihat dan mendengar gambar maupun suaranya, jadi kami memperhatikan kedua-duanya, Pak,” jawab sang murid.

 Lalu percakapan itu dilanjutkan dengan pembicaraan aktivitas atau tata cara yang dilakukan oleh para pembimbing dan guru saat melakukan siaran percobaan.  

Di akhir video, Soeharto lantas menekankan bahwa keberhasilan progam ini berada pada para pelajar karena siaran percobaan jarak jauh digelar dengan cara tidak mudah dan membutuhkan biaya yang cukup besar kala itu. Maka dari itu, para murid juga tetap harus mencatat apa yang dijelaskan oleh guru-guru mereka.  

Tak ayal, video itu pun langsung mencuri perhatian warganet.  "Nonton ini, aku serasa berada di tahun 80an ya. Duuh.. enak jaman pak harto ya. Btw, yg diwawancara mungkin udah bapak2 atau udah kakek2..?" ujar akun @h_sudibyo.

Baca Juga : Lantik Pengurus Baru Ormawa 2020-2021, Rektor Unikama Beri Arahan Penting ini

 

"Bukan di ksih sepeda dg pertanyaan ikan..tapi beasiswa yg lebih bermanfaat buat pendidikan Alfatihah buat almarhum bapak pembangunan," kata @sholehachmad36.  

"Terlepas dari siapa dan bagaimana Soeharto, kalimatnya runut dan jelas poin2nya.  Beda dengan presiden burkina faso yg katanya merakyat Wajah menyeringai," tambah akun @Djongoos.  

"Seneng denger Pak Harto bicara.. Enak didenger tutur bahasanya.. Beda sama Bapa itu yg malah bingung klo doski ngomong. Beda kelas," kata @ginamustika.

 

Topik
Sekolah Daring Presiden Soeharto Orde Baru

Berita Lainnya