Dibawa Angin, Awan Panas Timbulkan Hujan Debu di Wilayah Utara Semeru | Situbondo TIMES

Dibawa Angin, Awan Panas Timbulkan Hujan Debu di Wilayah Utara Semeru

Jan 16, 2021 21:03
Awan panas guguran dari Gunung Semeru yang diunggah netizen ke medis sosial (Foto : Netizen / Jatim TIMES)
Awan panas guguran dari Gunung Semeru yang diunggah netizen ke medis sosial (Foto : Netizen / Jatim TIMES)

LUMAJANGTIMES - Sampai malam ini sejumlah desa di utara Gunung Semeru masih dilanda hujan debu vulkanik. Semenentara warga di sekitar Semeru, khususnya Pronjojiwo dan sekitarnya, mulai tenang karena tidak muncul lagi awan panas guguran.

Dari Pronojiwo kami peroleh kabar bahwa ada sekitar 30 KK dari Dusun Sumbersari dan blok Umbulan Desa Supit Urang Kecamatan Pronojiwo yang mengungsi ke rumah keluarga yang letaknya lebih jauh dari dusun tersebut.

Baca Juga : Sederet Bencana Awal 2021, Sriwijaya Air hingga Gempa yang Memakan Korban Jiwa 

 

"Informasi yang saya terima dari warga katanya ada sekitar 30 KK yang malam ini menginap di rumah saudara mereka yang lebih jauh dari dusun Sumbersari. Ada yang menginap di desa Oro-oro Ombo, ya mungkin karena mereka khawatir kalau ada guguran awan panas lagi," kata Ainul salah seorang warga yang berada di lereng Semeru malam ini.

Ainul juga menjelaskan, akibat awan panas guguran Sabtu sore memang menimbulkan hujan debu vulkanik. Namun karena angin kencang menuju ke arah utara, maka yang terimbas sebagian adalah desa-desa di Kecamatan Senduro dan sebagian Pasrujambe.

Kades Wonocepoko Ayu Kecamatan Senduro Lumajang, Setiyono, yang kami konfirmasi melalui pesan WhastApp malam ini menjelaskan, sampai malam ini hujan debu masih berlangsung.

"Masih hujan debu sampai sekarang pak, tapi sudah tidak tebal lagi. Hanya sedikit sekarang. Tapi kalau untuk naik motor tidak pakai helm memang agak berbahaya debunya, nggak berani, karena masih berlangsung hujan debunya," kata Setiyono melalui pesan WhatsApp malam ini, Sabtu (16/1).

Baca Juga : Ribuan Rumah Terendam Banjir, Sebagian Jember ‘Tenggelam’ 

 

Sementara sejumlah kiriman video yang masuk ke Jatimtimes di Lumajang menggambarkan sejumlah desa lainnya masih dilanda hujan abu vulkanik dalam intensitas yang cukup tinggi.

Hingga berita ini kami turunkan, belum kami peroleh informasi lain dari TRC BPBD Lumajang yang malam ini masih berada di wilayah Candipuro dan Pronojiwo untuk melakukan asessment. 

Topik
Semeru Semburkan Awan panas awan panas guguran Desa Supit Urang Kecamatan Pronojiwo Lumajang kecamatan senduro

Berita Lainnya