Petugas Kesehatan China Deteksi Virus Corona dalam Tiga Produk Es Krim Daqiaodao | Situbondo TIMES

Petugas Kesehatan China Deteksi Virus Corona dalam Tiga Produk Es Krim Daqiaodao

Jan 16, 2021 10:43
Ilustrasi es krim. (Foto: dailystar.co) 
Ilustrasi es krim. (Foto: dailystar.co) 

Petugas kesehatan dari Pemerintah Kota Tianjin, China, berhasil mengungkap tiga produk es krim buatan dalam negeri pabrikan Daqiaodao yang mengandung virus  corona virus disease 2019 (covid-19). 

Dilansir dari Asia One pada Jumat (15/1/2021), bahwa diketahui adanya virus corona dalam tiga produk es krim pabrikan Daqiaodao tersebut setelah melalui beberapa tahap pemeriksaan.  Produsen Daqiaodao menyatakan bahwa terdapat dua bahan baku utama yang didatangkan dari dua wilayah yang berbeda. 

Bahan baku es krim sendiri, untuk susu bubuk, produsen Daqiaodao mendatangkannya dari Ukraina. Sedangkan bubuk dadih atau whey mist didatangkan dari Selandia Baru. 

Dengan adanya temuan tersebut, pihak Pemerintah Kota Tianjin langsung memberikan instruksi untuk produsen Daqiaodao menutup sementara gudang pendingin yang digunakan untuk menyimpan puluhan ribu es krim siap edar yang disinyalir mengandung virus corona. 

Produsen Daqiaodado menyatakan pihaknya telah melakukan produksi es krim sebanyak 4.836 kotak. Setidaknya sebanyak 1.812 kotak es krim telah terjual ke berbagai daerah atau kota di wilayah sekitar Tianjin. 

Terkait penyegelan, Pemerintah Kota Tianjin telah menyegel sebanyak 2.089 kotak es krim yang di mana dalam satu kotak berisikan enam buah es krim kemasan yang masing-masing memiliki berat 450 gram. 

Juga terdapat 935 boks es krim pabrikan Daqiaodao yang akan dijual ke pedagang di wilayah Tianjin, namun belum sempat laku seluruhnya. Hanya terdapat 65 boks yang sudah terjual melalui pedagang kecil di wilayah Tianjin. 

Untuk penanganan dini,  Pemerintah Kota Tianjin mengimbau kepada seluruh masyarakat Tianjin agar segera melaporkan ke pihak terkait jika mengalami gangguan kesehatan ataupun gejala covid-19 setelah mengonsumsi es krim pabrikan Daqiaodao. 

Agar tidak menyebar terlalu luas, Pemerintah Kota Tianjin juga melakukan koordinasi dengan pemerintah kota lainnya di sekitar Tianjin agar terus memantau peredaran es krim pabrikan Daqiaodao yang dinyatakan beberapa jenis es krim mengandung virus corona.

Topik
Petugas Kesehatan China Deteksi Virus Corona Pemerintah Kota Tianjin

Berita Lainnya