Hakam Owner Sego Burger (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)
Hakam Owner Sego Burger (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)

Muhammad Hakam Nausa, owner dari Perusahaan Erhaboga Nusantara, merintis usaha sejak 2012. Produk unggulannya yang kini dikenal masyarakat luas adalah Sego Burger (Seger).

Hampir 8 tahun bergelut dengan usahanya, Hakam, seperti kebanyakan pengusaha baru lainnya. Dirinya memasarkan Seger lewat promosi ke sekolah-sekolah dan instans. Berkat keuletan Hakam, bisnis burger berbahan baku nasi ini melaju cukup pesat. 

Baca Juga : Mie Wilis Lumajang, Perpaduan Citarasa Mie Khas Solo dan Surabaya

 

“Seger kini telah membuka cabang di beberapa kota. Seperti Malang, Batu, Sidoarjo, Jember dan Bondowoso,” ucapnya.

Tentunya, ada kiat-kiat khusus Hakam yang membuat produk jualannya kini memiliki beberapa outle di berbagai kota di Jawa Timur (Jatim). Salah satunya, dijelaskan oleh Hakam, beras yang diracik harus punel sebagai bahan primer yang menjadi ciri khas Sego Burger.

"Menu kami ada 12 macam varian Seger (sego burger) menu yang tersedia. Diantaranya yang paling diminati ada Seger Ayam dengan harga Rp 8000, Seger Tahu Tuna Rp 10.000 dan ada juga Seger Tempe Rp 6.000. Bahan primer, beras, yang diracik harus punel," jelasnya.

Di Lumajang sendiri, lanjutnya, masyarakat bisa mendapatkan atau pun memesan Seger di 3 outlet yang tersedia yang lokasinya berada di Toga, Jalan Abu Bakar selatan masjid Agung dan Selokambang. 

Ditanya soal pemasaran, Hakam mengaku full offline untuk marketing, jadi tidak menggunakan media sosial.

Baca Juga : Lontong Pecel Mak Ni Banyak Dikunjungi Warga dari Luar Lumajang, Apa Istimewanya?

 

Hingga kini, produk unggulan Seger terus berkembang. Dengan didukung 5 karyawan, Hakam mampu meraup omzet hingga Rp 300 juta per tahun.

"Kapasitas produksi kami menjangkau 100.000 pcs per tahun. Semua cabang, bahan utamanya ambil di Lumajang," imbuhnya.

Terkini, layanan untuk pesan antar bisa melalui ojol lokal seperti RTrans, As Jek hingga Lumajang Go, atau kontak WhatsApp 085334563800. Secara operasional Seger buka setiap hari. Untuk hari Minggu, Hakam stand by di Alun-Alun.