Bupati Salwa dan Wabup Irwan saat acara peluncuran dan bimbingan teknis (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)
Bupati Salwa dan Wabup Irwan saat acara peluncuran dan bimbingan teknis (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melakukan peluncuran dan bimbingan teknis pemanfaatan keterhubungan aplikasi Tape Manis versi android dalam layanan pengaduan masyarakat miskin di Pendapa Bupati, Selasa (15/9/2020). 

Sayangnya, aplikasi yang dicanangkan untuk mempermudah pengaduan tersebut masih belum bisa digunakan oleh masyarakat.

Baca Juga : Launching KAKIKU BARU, Sinergi Dispendukcapil dengan Kemenag Kabupaten Malang

"Nanti kita akan daftarkan di play store dan nanti bisa diunduh," terang Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat usai acara peluncuran.

Dengan aplikasi tersebut warga miskin yang hendak melakukan pengaduan tak perlu repot-repot datang ke Posko Tape Manis di Wisma Wakil Bupati. Pengaduan bisa langsung dilakukan melalui genggaman tangan.

Bahkan untuk meningkatkan kinerja sistem tersebut juga dilakukan pengintegrasian dengan Sistem Administrasi Informasi Desa (SAID). Sehingga permohonan yang masuk dapat terverifikasi dengan akurat.

Irwan memastikan pelayanan yang diberikan akan semakin cepat. Di mana ketika warga mengadukan melalui android, petugas dari Posko Tape Manis akan segera melakukan survei.

"Tetap ada survei secara manual. Kalau kategorinya tidak miskin, tidak akan dibantu," tegas Irwan yang juga Ketua TKPK (tim koordinasi penanggulangan kemiskinan) tersebut.

Menurutnya, hal tersebut merupakan upaya dan pengabdian kepada masyarakat yang belum mendapatkan program bantuan dari pemerintah. Penyediaan aplikasi ini, kata dia, juga langkah untuk mempermudah warga miskin dalam melakukan pengaduan.

Baca Juga : Bapenda Kabupaten Malang Gunakan SiPanji, Optimalkan Pengelolaan Pajak

"Aplikasi ini sebagai sarana pengaduan yang dekat, singkat dan cepat. Nanti dengan aplikasi ini, bisa melakukan pengaduan. Sehingga warga di daerah terpencil tak perlu lagi ke kabupaten," paparnya.

Sebagai informasi, angka kemiskinan Kabupaten Bondowoso telah mengalami penurunan. Tercatat, pada tahun 2018 mencapai 14,39 persen, turun di 2019 menjadi 13,33 persen.

Sekedar diketahui juga, Gerakan Tape Manis ini sudah mulai dilaunching sejak Desember 2019. Posko ini, menerima dan siap membantu keluhan warga miskin. Baik soal kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Adapun bimtek kali ini diikuti oleh OPD, dan sejumlah ASN dengan sistem daring.