Ilustrasi bantuan (Foto:  Indonesia.go.id)
Ilustrasi bantuan (Foto: Indonesia.go.id)

Kabar gembira bagi mereka yang menerima gaji di bawah Rp 5 juta. Pasalnya, pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) bagi pekerja yang menerima gaji di bawah Rp 5 juta.  

Hal itu dilakukan demi menjaga daya beli mereka yang belakangan ini terkena imbas virus Covid-19. Dikatakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menyiapkan senilai Rp 31 triliun untuk memberikan bantuan tersebut.  

Baca Juga : Anggaran Rasionalisasi Sisa Rp 256 Miliar, Sekda Kabupaten Malang: Nanti Dikembalikan

BLT rencananya akan diberikan ke 13 juta pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta. Lalu dikatakan oleh Menteri BUMN Erick Thohir bantuan yang akan diberikan kepada masing-masing pekerja senilai Rp 600 ribu.  

Bantuan tersebut akan diberikan selama empat bulan. Namun, bantuan akan langsung diberikan per dua bulan. Sedangkan untuk teknik bantuan saat ini tengah difinalisasi.  

Diharapkan Kementerian Ketenagakerjaan bisa menyalurkan bantuan tersebut mulai September 2020 mendatang. Tentunya stimulus ini bisa meringankan beban pekerja dan mendorong ekonomi nasional.  

Erick lantas memaparkan ada dua hal yang menjadi fokus dalam percepatan pemulihan ekonomi, termasuk memberikan bantuan ke pekerja ini.

Pertama: Memberikan stimulus ekonomi  yang memanfaatkan nyata dirasakan masyarakat.

Baca Juga : Blank Spot jadi Kendala Pengadaan Wifi di Kabupaten Malang

Kedua: Dilakukan percepatan penyerapan tenaga kerja melalui proyek-proyek padat karya.